Apa Itu Internet of Things ?

Internet of things adalah suatu konsep atau program dimana sebuah objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan atau mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia. Internet of Things atau biasa di sebut IOT saat ini mengalami banyak perkembangan. Perkembangan IoT dapat dilihat mulai dari tingkat konvergensi teknologi nirkabel, microelectromechanical (MEMS), internet dan QR (Quick Responses). IoT juga sering diidentifikasi dengan RFID (Radi Frequency Indentification) sebagai  metode komunikasi.

Selain itu, juga mencakup teknologi berbasis sensor, seperti teknologi nirkabel, WR Code yang sering kita jumpai. Kemampuan dari IoT sendiri tidak perlu di ragukan lagi. Banyak sekali teknologi yang telah menerapkan sistem IoT, sebagai contoh sensor cahaya, sensor suara dari teknologi Google terbaru, yaitu Google Ai dan Amazon Alexa.

Dan yang terbaru saat ini, penerapan Smart City yang sudah dilakukan di beberapa negara maju, seperti China dan Jerman. Sehingga segala bentuk aktivitas penduduk suatu kota dapat termonitoring degan baik oleh sistem dengan jaringan basis data berskala besar.

5 Unsur IoT :

  1. Antifician Intellegance
  2. Konektivitas
  3. Perangkat Ukuran Kecil
  4. Sensor
  5. Keterlibatan Aktif

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.